Image-1497429058

Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat selama bulan puasa, berikut Omiyago rangkum beberapa tips menjaga kesehatan selama bulan puasa.

Bulan Ramadhan telah tiba, di mana seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam, selama sebulan penuh. Namun bukan karena puasa menjadikan kita untuk tidak beraktifitas seperti biasa, tetapi kita harus tetap melakukan kegiatan seperti biasa. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat selama bulan puasa, berikut Omiyago rangkum beberapa tips menjaga kesehatan selama bulan puasa.

1. Makan Sahur

 

Buat beberapa orang dari kalian, makan di pagi hari memang sedikit membuat malas untuk bangunnya. Namun kamu harus tetap melakukannya, selain ini merupakan satu hal yang dianjurkan sesuai dengan sunnah rasul, makan sahur juga dapat menunjang puasa mu pada siang hari agar tidak lemas. Makanlah dengan porsi yang pas, tidak berlebihan. Dan pastikan kandungan gizinya cukup bagi tubuhmu.

2. Minum Air Putih Yang Cukup

 

Air putih merupakan kandungan mineral yang sangat dibutuhkan untuk tubuh, untuk itu jangan sampai kamu dehidrasi saat berpuasa. Untuk menghindari itu, minumlah air putih yang cukup disaat sahur dan buka puasa kamu. Dalam satu hari manusia membutuhkan 2 liter air atau sektiar 8 gelas. Untuk itu aturlah pola minum mu, misal minumlah 1 gelas sebelum sahur, 3 gelas sebelum imsak, 2 gelas saat berbuka puasa dan 2 gelas sebelum tidur.

3. Olahraga

 

Meskipun kamu sedang berpuasa, kamu juga harus tetap berolahraga untuk menjada sirkulasi darah dalam tubuh. Cobalah untuk tetap berolahraga kecil seperti jalan santai saat sore hari mendekati berbuka puasa.

4. Tidur Cukup

 

Bulan puasa memang menjadikan pola tidur kita menjadi berubah, kita harus bangun lebih awal disbanding biasanya. Untuk menjaga kesehatan kamu saat bulan puasa, gunakan waktu istirahat siang kamu untuk tidur siang. Jangan terlalu lama ya, karena itu justru akan membuat kamu menjadi malas.

Itulah tadi beberapa tips menjaga kesehatan tubuh selama bulan puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa #omiyagoes~

Share this Post: