Image-1506484431

Variasi Camilan Renyah Asli Minang

Bicara soal padang atau minang pasti yang terlintas dalam pikiran kita adalah Nasi Padang. Tapi jangan salah, Minang juga terkenal dengan beragam camilannya yang nggak kalah enaknya. Kira-kira apasaja ya? Yuk, baca ulasan Omiyago berikut ini.

1.     Keripik Sanjay Balado

 

Terbuat dari bahan dasar singkong yang diris tipis-tipis dengan bentuk memanjang atau bulat-bulat, kemudian digoreng hingga kering dan ditiriskan. Setelah semua bahan siap, dibuatlah bumbu balado yang berwarna merah dengan rasa manis dan pedas kemudian dicampurkan dengan keripik yang sudah digoreng tadi menjadi satu. Keripik Sanjay Balado merupakan oleh-oleh wajib dibawa pulang saat berkunjung ke Sumatera Barat. Namun kalau kamu tidak ada waktu cukup untuk membelinya, kamu juga beli secara online yang kemudian akan langsung dikirim ke rumah kamu. Cek saja di Omiyago.

2.    Kerupuk Jangek

 

Jika dilihat Kerupuk Jangek mirip sekali dengan kerupuk rambak yang ada di Jawa. Kuliner yang renyah dan juga gurih ini terbuat dari kulit sapi yang telah dipotong kecil-kecil laku dibumbui. Setelah dibumbui, kulit sapi ini akan dikeringkan sebelum digoreng dengan minyak yang panas hingga mengembang. Untuk mengonsumsi kerupuk ini, kamu bisa memakannya langsung, atau ditambah serbu bumbu, atau menyantapnya dengan kuah masakan di rumah makan Padang.

3.    Karak Kaliang

 

Oleh-oleh yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan saat berkunjung ke Bukittinggi, kamu dapat dengan mudah menemukannya. Karak Kaliang adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung ubi. Tepung ubi didapat dari olahan Ubi Singkong yang kemudian dipilih dan diparut. Kemudian tepung ubi dicampur dengan bumbu seperti kunyit, bawang putih, merica, garam dan bumbu pelengkap lainnya. Bentuk Karak Kaliang menyerupai angka delapan, selain dapat kamu jadikan camilan, keripik ini juga bisa kamu jadikan sebagai teman makan nasi.

4.   Dakak Dakak

 

Jika dilihat sekilas, dakak-dakak mirip sekali dengan keripik singkong bumbu kuning. Yang membedakan adalah cara pengirisan dari singkong yang jauh lebih kecil. Biasanya dakak-dakak dipotong dadu berbentuk persegi. Kamu bisa menyantapnya dalam bentuk kering seperti keripik atau dengan irisan tebal sehingga masih ada lembut dari singkong.

5.    Arai Pinang

 

segehnyo.blogspot.co.id

Satu lagi kue yang khas dan selalu ada disetiap lebaran adalah Arai Pinang. Setiap yang berkunjung ke Kota Bukittinggi pasti tidak lupa membeli kue ini sebagai oleh-oleh. Rasanya yang gurih, renyah, serta beraroma minyak kelapa, membuat orang yang mencicipinya menjadi ketagihan. Bahan dasar pembuatnya pun sangat sederhana, yaitu tepung beras, garam, serta kapur sirih. Begitu juga dengan proses pembuatannya, sangat mudah sekali. Tepung beras disangrai dan ditaburi sedikit garam serta tidak lupa kapur sirih agar terasa lebih renyah. Setelah adonan selesai dibuat, kemudian adonan dibentuk menjadi bulat. Sedangkan untuk mencetaknya agar pipih bisa menggunakan garpu. Jangan lupa, sesaat setelah di cetak, olesi dengan minyak kelapa yang membuat kue wangi, gurih serta renyah.

Itu tadi beberapa varian keripik asli Minang. Penasaran dengan rasanya? Kamu bisa menemukannya di Omiyago.

Share this Post: